surat lamaran pekerjaan

kali ini saya akan membahas tenteng surat lamaran pekerjaan. surat lamaran pekerjaan adalah surat permintaan yang buat oleh seorang pencari kerja dan ditujukan kepada suatu perusahaan dengan maksud untuk diterima bekerja diperusahaan tersebut.

surat lamaran pekerjaan sendiri mempunyai dua perinsip yaitu jelas dan menarik. jelas disini adalah penulis dengan jelas mengemukakan dari mana penulis tau info lamaran pekerjaan misalnya dari kakak, adik atau dari media masa seperti kompas, sindo dan lain sebagainya.serta menjelaskan jabatan apa yang ingin diraih dan dan meyakinkan pembaca bahwa penulis pantas di terima di posisis tersebut.

 

menarik di sini adalah penulis mengemukakan kemampuan yang dimiliki atau skill juga pengalaman bekerja, memperkenalkan jati diri kepada pembaca bahwa kita mempunyai pribadi yang menarik dan baik.

surat lamaran pekerjaan sendiri mempunyai tiga bagian yaitu
-bagian pembuka disisni berisi tentang darimana penulis mengetahui info lamaran pekerjaan

-bagian isi disini berisi tentang skill dan keahlian penulis yang memantaskan diposisis tersebu.

-bagian penutup disini berisi tentang besar harapan penulis agar diterima di perusahaan tersebut dan meyakinkan pembaca

berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan:

Surat Lamaran Berdasarkan Iklan

 

 

Lampiran         : Empat Lembar                                                                      Bogor, 19 Mei 2011

Perihal             : Lamaran Pekerjaan 

                                                           

Yth. Pemasang Iklan No.AA/ 97

Harian Kompas

Jalan Gajah Mada No. 102

Jakarta

 

Dengan hormat,

 

            Memenuhi iklan tuan dalam harian Kompas tanggal 16 Mei 2011 nomor AA/97 mengenai keperluan korespondensi, dengan ini saya mengajukan diri untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

            Mengenai keterangn tentang diri saya, dapat saya jelaskan sebagi berikut :

            Nama                          : Muhamad Septian Syamsul

            Tempat,tgl lahir          : Bogor,11 Juni 1980

            Alamat                        : Jalan Cikiray No.16 Bogor

           

            Saya dapat berkorespondensi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan  baik yang telah memperoleh ijazah negara. Disamping itu saya menguasai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara aktif dan mengetik dengan kecapatan 220 hentakan per menit serta dapat mengoperasikan komputer Program Microsoft Word dan Microsoft Excel.

            Walaupun belum berpengalaman kerja, namun berkat latihan-latihan yang intensif selama mengikuti pelajaran praktik perkantoran disekolah saya yakin akan dapat melaksanakan tugas pekerjaan itu dengan baik.

            Jika tuan menghendaki, saya bersedia di tes atau diwawancarai menurut waktu dan panggilan tuan.

            Besar harapan saya tuan dapat mempertimbangkan lamaran ini, dan sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.

 

                        Hormat saya,

 

 

Muhamad Septian Syamsul           

 

 

 

 

Surat Lamaran Pekerjaan yang Telah Berpengalaman

 

Yth. Pemasangan Iklan No.3/3916                                                                            Bandung, 19 Mei 2011

Jalan Tanah Abang dua 13

Jakarta

 

Hal : Lamaran Pekerjaan

 

Dengan hormat,

 

                Dalam harian Media Indonesi tanggal 15 Mei 2011 saya telah membaca iklan Bapak yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak membutuhkan tenaga pembukuan.

 

                Berdasarkan syart-syarat yang telah ditentukan dalam iklan bapak tersebut, kiranya saya telah memenuhi syarat untuk dapat mengisi jabatan tersebut. Oleh karena itu, saya mengajukan surat lamaran ini kepada Bapak dengan kualifikasi saya sebagai berikut:

 

                Nama                    : Abdul Malik

                Tgl, tempat lahir: Bogor, 18 September1979

                Pendidikan         : D3 Manajemen Akuntansi

                Alamat                  : Jalan Cobogo 2 Bandung

                Pengalaman        : 3 tahun sebagai tenaga pembukuan pada PT. Taruna Bangsa di Bandung

 

                Selain dari itu saya dapat mengetik dengan lancar dengan kecepatan 150 hentakan per menit dan dapat mengoperasikan computer program Microsoft word dan Microsoft Excel.

 

                Sampai sekarang ini saya masih bekerja pada PT. Taruna Bangsa. Saya ingin bekerja pada perusahaan Bapak karena ingin pindah ke Jakarta dan ingin tinggal bersama orang tua di Jakarta.

 

                Mengenai keinginan saya untuk pindah bekerja pada perusahaan Bapak telah saya bicarakan dengan pimpinan perusahaan PT. Taruna Bangsa dan beliau menyatakan tidak keberatan. Sekaligus pula beliau saya ajukan sebagai referensi saya kepada Bapak.

 

                Bersama ini saya lampirkan salinan ijazah saya masing-masing satu lembar.

 

 

 

Hormat Saya,

 

 

     Abdul Malik

Lampiran : 3 lembar

 

About maya_mae

Saya adalah orang yang selalu berfikir positif dan akan selalu mengubah cara berfikir dengan hal yang positif
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment